Antusias Ribuan Pasutri di Webinar Pengajian Cita dan Cinta 10 Tahun Rumah Tangga

Dewan Pimpinan Wilayah ( DPW) LDII Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Provinsi DKI Jakarta dan sejumlah majelis taklim dibawah kepengurusan LDII se-Jakarta, Alhamdulillah sukses menggelar sebuah event webinar sekaligus pengajian online akbar bertema ‘ Cita dan Cinta 10 Tahun Rumah Tangga’.

Ajang yang digelar pada Minggu ( 14/3) 2021 ini diperuntukkan bagi pasangan suami istri dengan rentang usia pernikahan 1 tahun ke atas, dan diikuti ribuan peserta pasutri.

Sejumlah tokoh agama hadir menjadi pembicaranya, ada Ketua Umum MUI Provinsi DKI Jakarta KH.Munahar Muchtar, KH Aceng Karimullah Dewan Penasehat di DPW LDII Jakarta dan juga DPD LDII Jakarta Selatan, serta Ketua DPW LDII DKI Jakarta, Teddy Suratmadji.

Acara berlangsung dari pukul 08.30 hingga 11.50 waktu setempat secara virtual lewat aplikasi zoom sekaligus juga bisa di akses di https://live.ldiijakarta.or.id/.

Berbagai materi seputar kehidupan berumah tangga termasuk sejumlah dasar hukum agama yang bersumber dari Al Quran dan Al Hadist dijelaskan dengan gamblang.

KH . Munahar

KH . Munahar menjelaskan, “Titik awal perjuangan berhasil itu bukan orang lain, tapi dari keluarga.” Mengutip dalil yang mengatakan ‘jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka’ yang ia artikan jika berhasil dalam keluarga, maka orang itu juga berhasil. Dengan pedoman Alquran dan Hadis, suami agar selalu menyadari hak dan kewajiban sebagai suami.

Sedangkan istri juga perlu menyadari hak dan kewajibannya juga sebagai istri. “Walaupun sederhana, tapi kalau rumah tangganya bahagia, maka itu bagian surga dunia. Baiti jannati,” terangnya.

Ia juga berpesan dihadapan 1.000 peserta daring agar hidup dengan menata kebahagiaan rumah tangga yang baik, saling menyadari hak dan kewajiban masing-masing, saling menghargai maka kebahagiaan akan tercapai.

Senada dengan KH. Munahar, nara sumber KH. Aceng Karimullah yang juga anggota Bidang Fatwa MUI DKI Jakarta, secara detail menyampaikan bahwa dalam rumah tangga bila inisiatif tidak dilakukan, akan timbul konflik.

Seringkali hal sepele tapi bisa jadi masalah besar, karena beberapa hal tidak berani diungkapkan. Jika tidak dijembatani, menjadi konflik di usia muda pernikahan 0-10 tahun.

“Para pemuda laki-laki atau perempuan perlu membekali diri dalam keimanan dan akhlak. Laki-laki sebagai suami perlu meluruskan akidah sendiri, baru meluruskan akidah istri.

Kualitas keimanan seseorang ditentukan dalam akhlak sehari-hari. Orang terbaik bagi keluarganya adalah yang terbaik memperlakukan istrinya dan keluarganya,” terangnya.

Ditambahkannya dinamika tahun pertama pernikahan bisa jadi mengeluarkan sifat atau karakter asli dari tiap pasangan. Usaha untuk menengahi konflik, sabar, usaha, mediasi. Sabar diungkapkan KH. Aceng dalam azzawajir aniq tarofa kaba’ir yakni memaklumi dan memaafkan.

Sementara itu salah satu pasangan muda peserta pengajian akbar ini yaitu Auliya Aziza dan Muhammad Ihsan yang baru mengarungi bahtera rumah tangga 7 bulan lamanya asal Pondok Labu, Jakarta Selatan mengungkap rasa syukurnya dengan adanya event ini.

pasangan muda peserta pengajian akbar

“Alhamdulillah bersyukur ada webinar tentang pernikahan seperti ini, sangat membantu untuk kami pasangan muda yang baru menikah, untuk membangun keluarga yang bahagia dunia dan akhiratnya, lalu juga ada materi tentang thoat terhadap suami dan menghargai istri, bagaimana menyelesaikan konflik dalam rumah tangga dan lain sebagainya, semoga ada lagi webinar seperti ini untuk mengingatkan para pasangan dan keluarga supaya tetap berusaha saling surga mensurga kan dalam membangun rumah tangga, ” ungkap keduanya.

Harapan dari keduanya materi dan nasehatnya bisa diterapkan dalam keluarga khususnya keluarga mereka. Selain itu mereka juga berharap kedepannya rutin diadakan nasehat serta webinar seperti ini supaya para pasangan suami istri bisa selalu ingat tujuan menikah karena ALLOH dan bagaimana menyelesaikan masalah- masalah yang ada di dalam rumah tangga. (*/KIM LDII Jaksel)

Artikel Terkait

Leave a Comment