Kurban di Masa Pandemi Ala LDII Jakarta Selatan, Dari Brongsong hingga Dokter Hewan Disiapkan

Minggu, 2 Agustus 2020

Di hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, sejumlah warga muslim di Indonesia khususnya wilayah Jakarta Selatan, Alhamdulillah terpantau menggelar sholat Id hingga kegiatan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban secara aman dan lancar serta memenuhi kriteria protokol kesehatan.

Bahkan di sejumlah spot, pelaksanaan pemotongan hewan ala LDII Jakarta Selatan ini juga dihadiri dan dipantau oleh tim petugas kesehatan baik dari tingkat kota hingga provinsi. Hal ini seperti tampak terlihat di DKM Baitul Fattah binaan PAC LDII Cilandak Timur, Pasar Minggu.

Selain tim kesehatan internal, petugas pemantau dari PDHI Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta ,Drh. V. Aswindrastuti melakukan pemeriksaan secara menyeluruh di DKM Masjid Baitul Fatah, mulai dari kondisi hewan hingga tempat pelaksanaannya, Alhamdulillah disaksikan sesuai protokol kesehatan.

Wakil Ketua DPD LDII Kota Administrasi Jakarta Selatan, H.Tri Nur Fauzianto,S.Sos, menegaskan semua arahan pemerintah untuk pelaksanaan kegiatan ibadah kurban di sejumlah DKM dibawah binaan LDII Jakarta Selatan wajib diterapkan, seperti jaga jarak, tidak berkerumun, memakai masker, face field dan cuci tangan.

Selain itu proses penyembelihan, pemotongan, pembagian, pengemasan hingga pendistribusian ke para mustahik atau warga semua dilaksanakan secara protokol kesehatan.

Tahun ini tercatat secara keseluruhan DKM dari Pimpinan Cabang (PC) hingga Pimpinan Anak Cabang (PAC) LDII Jakarta Selatan yang terbagi di 10 PC dan 65 PAC menyembelih 346 ekor sapi dan 267 ekor kambing, jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu. Jumlah sebesar itu berhasil menghimpun dan mendistribusikan lebih dari 15 ribu kantong kepada mustahik.

“Lebih dari 15 ribu kantong daging kurban dalam kemasan kantong yang ramah lingkungan di taruh di brongsong, selanjutnya diisi daging kurban seberat masing-masing sekitar 2 kg, didistribusikan langsung oleh panitia ke rumah-rumah warga di lingkungan majelis taklim dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, sarung tangan,” tambah Fauzianto.

Berikut kompilasi foto dan video kegiatan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, mulai dari kegiatan sholat Ied, penyembelihan hewan hingga pendistribusion daging kurbannya. (*kim)

Artikel Terkait

Leave a Comment