PAC LDII Mampang Prapatan Gelar Bukber Online Serta Donasi Bagi Warga Terdampak Musibah Covid-19

Jakarta, 28 April 2020

Buka bersama merupakan agenda rutin yang biasanya dilakukan oleh umat Islam di bulan ramadhan, bulan penuh berbagai.

Berbagai agenda yang melibatkan kebersamaan senantiasa marak digelar di bulan suci ini, seperti buka puasa yang punya tujuan mulia sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Islam.

Sayangnya di tengah merebaknya wabah virus corona covid-19, dan dengan adanya peraturan Gubernur mengenai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), agenda buka puasa bersama saat ini tidak memungkinkan untuk dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Namun hal ini rupanya tidak membatasi warga LDII untuk terus menjalin kebersamaan antar warganya agar terus bisa mempererat silaturahmi yang ada.

Sebuah ide dan program pun diluncurkan, tepatnya pada Minggu, 26 April 2020 lalu, para pengurus PAC LDII Kelurahan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan berinisiatif untuk tetap bisa mengadakan buka bersama secara online untuk para warganya dengan menggunakan aplikasi video conference meetings.

Uniknya tradisi buka puasa bersama yang biasanya diselipin sedekah atau donasi pun tetap di laksanakan.
Namun dengan tetap melakukan pembatasan jarak.

Pengurus PAC LDII Mampang Prapatan dalam moment buka puasa bersama via online, tetap membagikan makanan untuk berbuka puasa serta membagikan bantuan untuk para warga LDII di PAC Mampang Prapatan yang terdampak wabah virus corona bertempat di majelis taklim Taufikul Husna.

Ihwan Safari, selaku pengurus Dewan Penasehat PAC LDII Mampang Prapatan, mengungkap kegiatan buka puasa bersama memang sudah rutin diadakan di majelis taklim Taufikul Husna setiap bulan ramadhan setidaknya satu atau dua kali.

“Buka puasa bersama ini diadakan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga LDII di PAC wilayah Mampang Prapatan, selain itu dari kepengurusan juga membagikan makanan untuk berbuka puasa dan memberikan bantuan berupa uang untuk para warga di PAC LDII wilayah Mampang Prapatan yang terdampak perekonomiannya akibat wabah virus corona, bantuan disalurkan untuk kurang lebih 33 Kepala Keluarga warga LDII PAC Mampang Prapatan” ungkap Ikhwan.

Kegiatan buka bersama via online yang diadakan oleh pengurus dan warga PAC LDII Mampang Prapatan, berjalan kurang lebih 40 menit, kegiatan di isi dengan bacaan Al-Qur’an oleh Ustadz Haji Yogi, dilanjutkan dengan nasehat atau kultum oleh Sugiharno selaku Ketua Dewan Penasehat PAC LDII Mampang Prapatan, dan dilanjutkan dengan ramah tamah atau buka bersama dirumah masing masing dengan bertatap muka melalui aplikasi yang ada. (*/kim)

*kontributor : Nanda Muslim, pengurus PAC LDII Mampang Prapatan

Artikel Terkait

Leave a Comment