PC LDII Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama Sinergi di Program Ketahanan Pangan Perikanan Lele

Pada acara Silaturahim Syawal kerjasama Forkopimko dan LDII Jakarta Selatan yang sukses digelar secara virtual pada awal Juni lalu, perwakilan LDII memaparkan sejumlah program yang dilaksanakan di masa pandemi covid-19.

Salah satu yang menarik dan mendapat perhatian adalah program ketahanan pangan yang digagas DPP LDII dan diperkuat oleh LDII baik di tingkat Provinsi, Kota hingga PC-PAC.

Program ketahanan pangan dari LDII sendiri merupakan salah satu program kemandirian oleh warga LDII dengan memanfaatkan lahan terbatas yang ada dengan mengembangkan budi daya ikan lele, mujair dan sayuran hidroponik.

Pengerjaannya dibuat secara sederhana namun mampu membantu pengadaan pangan sehat dan bergizi sehari-harinya.

Guna menindaklanjuti program ketahanan pangan tersebut, baru-baru ini PC LDII Kebayoran Lama & PC LDII Kebayoran Baru mengadakan penjajakan kerjasama di bidang perikanan sebagai bentuk pengejawantahan pencanangan program ketahanan pangan mandiri.

Beberapa pengurus bergerak melakukan survei, yaitu Wanhat PC LDII Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama HM.Amin, Ketua PC LDII Kebayoran Baru Khairuddin yang juga anggota FKDM kota Jakarta Selatan, Bendahara PC LDII Kebayoran Baru Difa Hardjanto, Wanhat PAC LDII Grogol Utara Achyanto.

Agenda diawali dengan kunjungan ke 2 lokasi peternakan budi daya ikan yaitu :
1. Jl.Raya Kebayoran Lama, Kelurahan Grogol Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
2. Jl.Kubur Islam No 11A RT.10 RW.10, Kelurahan Grogol Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Ketua PC LDII Kebayoran Baru Khairuddin kepada tim KIM DPD LDII Jakarta Selatan menjelaskan bahwa program ini memang bertujuan memberdayakan masyarakat setempat yang saat ini sedang mengalami dampak pandemi Covid- 19, dengan melakukan penjajakan kerjasama dengan pemilik lahan peternakan lele.

“Langkah awal adalah merapihkan dan menata area peternakan, kemudian menyiapkan tenaga ahli dan menyusun RAB, ke depan adalah menambah benih ikan lele lebih banyak lagi dan hasilnya akan kita bagi antara pemilik lahan 30% : Pengelola 70%,” jelasnya.

Kerjasama program ketahanan pangan kepengurusan LDII Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama menggandeng pemilik peternakan ikan lele, warga PAC LDII Kelurahan Grogol Utara bernama Eko, yang juga seorang pengusaha knalpot mobil (*/kim)

Artikel Terkait

Leave a Comment