Pesan Mendalam Wali Kota Airin Saat Kunjungi Taman Bacaan Binaan PC LDII Ciputat Timur

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany melakukan kunjungan ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bina Insan Mulia yang dikelola oleh PC LDII Ciputa Timur, di Tangerang Selatan.

Dalam kesempatan tersebut Airin demikian panggilan akrab Wali Kota, menyampaikan keprihatinannya, bahwa dari 100 lebih Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Tangerang Selatan, yang aktif sekarang hanya 80.

Sehingga Airin pun memberikan pesan kepada pengurus TBM Bina Insan Mulia untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas taman bacaan ini.

“TBM Bina Insan Mulia ini harus terus maju, hidup dan bisa memberikan manfaat bagi warga disekitarnya, meskipun nanti saya sudah tidak menjabat,” ujarnya, saat melakukan kunjungan ke TBM Bina Insan Mulia ( BIM) di Jalan Nusa Jaya No 99 Kec Ciputat Timur Tangsel, pada Minggu (13/10) 2020 kemarin.

Kehadiran Wali Kota Tangerang, didampingi, Wahyudi Leksono, AP,. M.Ak (Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah), Herlina Mustikasari, pendiri sekaligus Ketua Umum Komunitas TBM Magma (Masyarakat Gemar Membaca) Tangerang Selatan dan beberapa pengurus TBM Kecamatan Ciputat Timur.

Sedangkan dari pihak tuan rumah turut hadir pengelola TBM Bina Insan Mulia Dian Roosmayani, Ketua PC LDII Ciputat Timur, Aan Setiawan, Pembina PC LDII Ciputat Timur dan beberapa pengurus PC LDII Ciputat Timur lainnya.

Kunjungan juga dalam rangka napak tilas menjelang akhir masa kerja Wali Kota Tangerang Selatan. Airin meresmikan TBM Bina Insan Mulia pada 2014 dan menjadi TBM ke 66 dari 100-an taman bacaan yang didirikan.

Perhatian yang lebih pada pembinaan literasi masyarakat, utamanya pada generasi muda, dilakukannya dengan membantu mendirikan sebanyak-banyaknya TBM. Sebagai Wali Kota, Airin juga di daulat menjadi pembina TBM Tangsel.

Di bawah binaan Airin dan pengelolaan yang profesional, TBM di kota Tangerang Selatan pernah meraih penghargaan. Raihan tersebut berupa medali emas diajang penganugerahan apresiasi GTK (Guru-Tenaga Kependidikan) PAUD & Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Nasional ke-12 tahun 2018 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

TBM Bina Insan Mulia (TBM BIM) sendiri saat ini memiliki koleksi 3000-an buku. Di bawah naungan PC LDII Ciputat Timur. Pengelola TBM BIM Dian Roosmayani menyampaikan tujuan didirikannya TM BIM untuk melayani warga sekitar terutama dalam hal memberikan ilmu pengetahuan dan informasi informasi lainnya yg dibutuhkan. TBM BIM sendiri didirikan setelah enam bulan adanya PAUD Bina Insan Mulia.

Dalam kunjungannya Airin juga memberikan bantuan berupa sejumlah uang pembinaan, buku, kartu perdana untuk semua pengurus PAUD dan TBM, serta meja kursi kecil untuk menunjang kegiatan TBM BIM.

Kegiatan lainnya yang juga dihelat TBM BIM berupa gerakan orang tua membacakan buku, pelatihan menanam dengan teknik hidroponik, demo memasak dan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis serta mengundang pendongeng.

Biasanya ketika buka TBM BIM dipenuhi 10 anak, plus orang tuanya, namun kini seiring dengan adanya pandemi covid-19, kegiatan TBM BIM yang melibatkan pertemuan fisik di hentikan sementara. (*/KIM)

*Kontributor:
Dian Roosmayani – Pengelola Taman Bacaan Masyarakat & PUD Bina Insan Mulia, di bawah naungan PC LDII Ciputat Timur

Artikel Terkait

Leave a Comment