Sosialisasikan Programnya Secara Daring Kemenag Jakarta Selatan Gandeng LDII Gelar Bincang Santai

Jakarta, 24 April 2021

Kantor Kementrian Agama kota Jakarta Selatan mengapresiasi serta menyambut baik kegiatan webinar yang sukses digelar pada Sabtu (24/4) kemarin dalam rangka sosialisasi program-program kementrian agama.

Webinar ini merupakan kerja sama kantor Kemenag Jaksel dengan DPD LDII Jakarta Selatan dengan tajuk ‘Bincang santai LDII Jaksel dan Kementrian Agama Jaksel, dalam rangka sosialisasi program kementrian Agama Jaksel’.

Program yang disosialisasikan secara daring di acara ini meliputi program pelayanan berbasis online yang telah diselenggarakan oleh Kementrian agama sejak pandemi berlangsung terutama dalam rangka meminimalkan tingkat paparan covid 19 di masyarakat.

“LDII menjadi ormas pertama yang melaksanakan kegiatan sosialisasi program Kemenag kota Jakarta Selatan ini. Dan ini kami sambut dengan gembira, silahkan ormas-ormas yang lain juga bisa mengikuti agar masyarakat lebih tercerahkan, serta bisa melaksanakan secara aman dan nyaman.

Jadi pelayanan kami pun lebih optimal, ” terang Saiful Anam, S.Sos.I., M.Pd.I, yang menjabat sebagai Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan usai menjadi pembicara di ajang bincang santai tersebut.

Saiful Anam memberikan materi secara padat namun ringkas terkait sejumlah layanan online yang digelar lembaga keagamaan di wilayah Jakarta Selatan, diantaranya pendaftaran majelis taklim secara online.

Program lain yang disosialisasikan di acara ini adalah tata cara prosedur pendirian pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyyah dan prosedur pendirian Pondok Pesantren disampaikan oleh H. Nana Ali Syahbana, S.Ag. selaku Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag kota Jakarta Selatan.

“Di masa pandemi ini prosedur pendaftaran baik itu pendidikan madrasah diniyah maupun ponpes bisa dilayani secara online oleh kantor Kemenag di Jaksel.

Selain itu lembaga yang terdaftar secara resmi dan sudah terdapat surat ijin operasionalnya dari Kemenag akan mendapat bimbingan dan binaan secara rutin, selain itu di masa Covid ini akan mendapat bantuan BOP Covid, bagi lembaga yang telah memenuhi prosedur, ” tambah Nana.

Materi terakhir di ajang ini disampaikan oleh M. Jalaludin S.Pd yang menjabat sebagai Kepala Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf KanKemenag Kota Jakarta Selatan.

Sementara itu Ketua DPD LDII Jakarta Selatan Drs. H. Noor Rachmat mengaku bersyukur atas berlangsungnya acara ini. Sosialisasi yang disampaikan para pejabat dari kantor Kemenag Jakarta Selatan diharapkan bisa memberi wawasan lebih luas lagi khususnya bagi warga LDII dan umumnya bagi masyarakat.

“Alhamdulillah acara bincang santai ini terpantau diikuti di 154 titik, termasuk dari kantor Kemenag Jaksel sebagai studio mini penyelenggaraannya. Selanjutnya lebih dari 200 peserta baik dari kalangan warga LDII Jakarta Selatan, KUA Kecamatan Jakarta Selatan hingga MTSN di wilayah kota ini mengikuti pula acara ini , ” ungkap Noor.

Acara dibuka secara langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan : DR. H. Taufik., MM., M.Pd., turut memberi sambutan Kepala Kantor Kesbangpol Jakarta Selatan H. Dirhamul Nugraha.

Serta dihadiri sejumlah petinggi penting di jajaran kepengurusan LDII seperti KH. Aceng Karimullah Wanhat DPW DKI Jakarta sekaligus Anggota Komisi Dakwah MUI Prov. DKI Jakarta, Ketua DPW LDII DKI Jakarta DR. Ir. KH. Teddy Suratmadji, M.Sc., serta H. Eddy Supriady, S.Kom, M.M yang berlaku sebagai Wanhat DPD LDII kota Jakarta Selatan yang juga bertindak sebagai moderator acara.

Tayangan webinar terkait sosialisasi program Kantor Kemenag Jakarta Selatan bekerja sama dengan DPD LDII kota Jakarta Selatan secara lengkap dapat diikuti dengan tautan berikut
http://bit.ly/LDIIJaksel-SosialisasiKemenag (*)

Artikel Terkait

Leave a Comment