Teddy Suratmadji Terpilih Lagi , LDII DKI Jakarta Konsisten pada Moderasi Beragama

DPW LDII DKI Jakarta sukses menggelar Musyawarah Wilayah IX (Muswil) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi DKI Jakarta Minggu (15/11) lalu.

Perhelatan ini untuk memilih Ketua DPW LDII DKI Jakarta, untuk masa jabatan 2020-2025. Selanjutnya atas ridlo ALLOH SWT diputuskanlah bahwa Dr.Tedy Suratmadji di dapuk mengemban amanah kembali menjadi Ketua DPW LDII DKI Jakarta untuk 5 tahun ke depan.

Sebelumnya dalam siaran pers, Teddy menegaskan bahwa LDII akan tetap berkomitmen dengan pembangunan karakter warganya, yaitu melahirkan insan profesional yang tetap harus religius.

“Jakarta sebagai ibu kota menjadi kiblat nasional dalam dinamika masyarakat madani. Sebagai ormas Islam, DPW LDII Jakarta terus memberdayakan anggotanya dengan pembangunan karakter. Agar lahir insan profesional religius sebagai modal membangun Jakarta,” ujar Ketua DPW LDII DKI Jakarta, Teddy Suratmadji.

Ia mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat madani, DPW LDII DKI Jakarta berkontribusi langsung dalam pembangunan Jakarta.

Targetnya, menciptakan masyarakat profesional religius yang memiliki sikap alim-faqih (memahami agama Islam dengan baik), berakhlak mulia (akhlakul karimah), dan mandiri, “Saya meyakini, pribadi yang memiliki kecerdasan dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi, namun tanpa diimbangi iman dan taqwa, akan hanya menciptakan kerusakan,” papar Teddy.

Menurutnya, nilai-nilai moral yang tinggi hanya bisa didapatkan seseorang melalui religi, “Di situlah peran LDII dalam membangun karakter dan moralitas,” ujarnya.

Ia berharap Muswil nantinya, mampu menyusun pengurus yang memahami dinamika sosial kemasyarakatan DKI Jakarta, yang merupakan Indonesia mini.

Sebagai miniatur Indonesia yang memiliki keberagaman, menurut Teddy, Jakarta membutuhkan ormas Islam yang menerapkan moderasi beragama, “Kami konsisten dengan prinsip-prinsip Islam washatiyah, untuk itu LDII selalu berinteraksi, berdialog, dan terbuka dengan semua pihak,” ujarnya. Moderasi beragama ini, bagi Teddy sangat penting, sebagai modal membangun Jakarta.

“Islam adalah agama yang menjadi rahmat bagi alam semesta, untuk itu, LDII juga mengembangkan sikap solutif dalam berbagai permasalahan di Jakarta,” ujarnya.

Muswil LDII DKI Jakarta, sukses digelar secara daring dan luring. Peserta daring meliputi para ulama, dewan penasehat, dan pengurus DPD hingga PC se-DKI Jakarta, “Kami perkirakan peserta mencapai 560-an orang dari lima kota administratif dan satu kabupaten.

Mereka tergabung dalam 45 studio mini,” ujar Tri Gunawan Hadi selaku Ketua Panitia Pengarah (SC) Muswil LDII DKI Jakarta. Sementara yang hadir langsung, dibatasi hanya 20 orang, untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

“Pandemi Covid-19, mengubah kebiasaan warga hingga dalam urusan mata pencaharian. Kami menjadikan pandemi ini sebagai lompatan untuk melakukan literasi digital bagi warga LDII,” ujar Tri Gunawan Hadi.

Dalam Muswil LDII DKI Jakarta, juga dilaksanakan peluncuran buku doa untuk generus dengan sentuhan teknologi, “Seluruh doa dihubungkan dengan video online dengan QR Code,” tutup Teddy Suratmadji.

Dibuka Oleh Gubernur dan di Apresiasi berbagai Lintas Organisasi

Gubernur dan di Apresiasi berbagai Lintas Organisasi

Muswil LDII DKI Jakarta di 2020 dibuka secara virtual langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hadir dalam acara tersebut tokoh-tokoh lintas organisasi, sebut saja Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar, Ketua Umum DPP LDII Chriswanto Santoso dan pengurus LDII lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur DKI mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan Muswil LDII DKI Jakarta ini, harapannya akan lahir program – program yang tidak hanya bermanfaat bagi umat tapi juga masyarakat secara umum.

Anies juga menambahkan, agar LDII dapat mengantisipasi setiap perubahan yang akan terjadi. Seperti halnya Krisis yang terjadi sekarang ini adalah bersumber dari krisis kesehatan yang pada akhirnya juga berimbas pada krisis lainnya.

“Sebab itu, saya berharap program dari Muswil LDII ini dapat mendorong pemulihan kesehatan serta untuk mencegah Covid-19, termasuk antisipasi penyebaran yang lebih luas,” kata Anies, dikutip dari berita di Pos Kota ( 16/11) lalu.

Dia menambahkan kalau itu sudah bisa dikendalikan maka akan mendorong pemulihan aspek ekonomi. Sementara itu sejumlah tokoh-tokoh lintas organisasi hingga pemerintahan mengapresiasi Musyawarah Wilayah IX ( Muswil) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) provinsi DKI Jakarta, seperti yang disampaikan Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, yang berharap ke depan LDII akan semakin bermanfaat bagi masyarakat.(*)

Artikel Terkait

Leave a Comment