Dari Rakernas LDII 2018, 7 Fakta yang Patut Diketahui

Jakarta (15/10/2018) — Alhamdulillah pelaksanaan Rapat Kerja Nasiona Lembaga Dakwah Islam Indonesia atau RAKERNAS LDII 2018 yang digelar pada 10 hingga 11 Oktober 2018 lalu di Kompleks Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin, Jakarta Timur telah berakhir  dengan baik. Namun euforia dan kesan yang ada dari acara akbar tersebut rupanya masih sangat terekam kuat bagi masyarakat Indonesia, dan khususnya umat Islam.

Rakernas yang kali ini yang mengusung tema “LDII UNTUK BANGSA” menghadirkan sosok-sosok terbaik bangsa saat ini yaitu Presiden RI ke- 7 Joko Widodo (Jokowi) di hari pertama, dan di hari ke-2, Kamis (11/10) hadir pula Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra, yang juga menjadi calon presiden. Rangkaian berbagai acara baik dalam bentuk formal maupun informal tersaji secara baik serta dapat diikuti oleh segenap masyarakat berbagai kalangan yang hadir di acara tersebut.

Peserta Rakernas mencapai 1500-an orang, terdiri dari unsur pimpinan wilayah (DPW) dan pimpinan daerah (DPD) LDII se-Indonesia sert beberapa undangan dari luar negeri.

Berikut beberapa hal menarik yang kami (KIM) rangkum seputar penyelenggaraan Rakernas LDII 2018 berikut ini:

  1. Digelar di Pondok Pesantren sebagai bagian terpenting di LDII yang memang merupakan organisasi yang bergerak di bidang dakwah dan kemasyarakatan. Acara Rakernas 2018 kali ini  digelar di salah satu Ponpes LDII yaitu di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin, Jakarta Timur.
  2. Dihadiri dan dibuka  oleh orang nomor 1 di Indonesia yaitu Presiden Republik Indonesia Bapak Haji Joko Widodo.

3. Dihadiri oleh tokoh-tokoh terkemuka negeri ini, di anataranya Ketua Umum Gerinda, Bapak Prabowo Subianto.

4. Mengagendakan banyak workshop gratis bagi masyarakat umum yang full edukasi dan sarat inspirasi, seperti pelatihan Public Speaking yang diisi oleh Sakti Al Fattaah, praktisi Public Speaker yang memang lagi hits, jebolan news anchor dari TV swasta terkemuka.

5. Booth Expo pamerannya inspiratif dan sangat prospektif, diisi oleh 8 tenant yang merepresentasikan 8 bidang yang dikontribusikan oleh LDII untuk bangsa yaitu edukasi dakwah, wawasan kebangsaan, pendidikan, teknologi digital, kesehatan & herbal, lingkungan hidup, ekonomi syariah serta energi terbarukan. Tampak salah satu booth di Expo Rakernas LDII yang menampilkan berbagai informasi tentang kegiatan dakwah LDII ke masyarakat.

 

6. Pesertanya ribuan dan datang dari berbagai penjuru wilayah se-Indonesia tepatnya para pengurus tingkat DPW, DPD hingga PC-PAC dari Sabang sampai Merauke di 34 provinsi, termasuk dari Palu yang juga hadir membawa misi kemanusiaan memberikan informasi detail tentang korban bencana alam di sana.

7. Profesional Religius

Dalam Rakernas 2018 ini hal yang tak kalah menariknya adalah ketepatan waktu semua peserta Rakernas melaksanakan ibadah sholat wajib secara berjamaah di Mesjid yang ada di kompleks acara Rakernas. Sesibuk apapun para peserta yang terlibat dalam kegiatan Rakernas akan berhenti saat itu juga tatkala adzan berkumandang, dan ribuan peserta pun berbondong-bondong antri berwudlu untuk melaksanakan sholat. (Ichwan/KIM)

 

Artikel Terkait

Leave a Comment