Gandeng LDII Jaksel Persinas ASAD Sukses Gelar Pasanggiri Pencak Silat Putri 2018

Jakarta (2/9/2018) — Sejalan dengan semangat Asian Games 2018, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) kota administrasi Jakarta Selatan bekerja sama dengan Perguruan Pencak Silat Nasional ASAD (PERSINAS ASAD) -Jakarta Selatan padepokan wilayah 2 sukses menyelenggarakan Pasanggiri Putri di Gedung ASAD Andara, Jakarta, Minggu (2/9). Perguruan Pencak Silat Persinas ASAD Padepokan Jakarta Selatan wilayah 2 adalah salah satu sentra latihan yang masuk dalam wilayah binaan PERSINAS ASAD Kota Jakarta Selatan.

“Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta dari 7 Ranting,” ujar Ketua Pelaksana, Endah Roswendah. Adapun 7 Ranting tersebut adalah Ranting Pancoran, Mampang, Pasar Minggu, Cilandak A (sentra latihan di Cilandak), Cilandak B (sentra latihan di Andara), Cilandak C (sentra latihan di Pondok Labu), serta Ranting Jagakarsa. Uniknya dari para peserta ranting-ranting yang ada juga merupakan gabungan dari tim tim wilayah berbeda yang tersebar se- Jakarta Selatan. Misalnya padepokan Persinas Asad ranting Mampang terdiri dari tim-tim yang berasal dari wilayah Pela Mampang, Duren 3, dan beberapa wilayah lainnya.

Tahun ini, Pasanggiri Putri Persinas Asad Padepokan Jakarta Selatan padepokan wilayah 2 dipertandingkan dengan Kategori Massal. Penampilan Pasanggiri dibagi atas beberapa Golongan, berdasarkan umur:
1) Golongan Usia Dini, umur 9 – 12 tahun;
2) Golongan Pra Remaja, umur 12 – 14 tahun;
3) Golongan Remaja, umur 14 – 17 tahun;
4) Golongan Dewasa, umur 17 – 35 tahun;
5) Golongan Pembina, umur 35 – 50 tahun; (Kebijakan Panitia);
6) Golongan Istimewa, 50 tahun ke atas. (Kebijakan Panitia).

Juara I golongan Istimewa, Usia Dini, dan Pra Remaja diborong oleh Tim Andara dari ranting Cilandak B, golongan Remaja dan Dewasa dijuarai oleh Tim Cilandak dari ranting Cilandak A, dan golongan Pembina dijuarai oleh Tim Lenteng Agung dari ranting Jagakarsa. Sementara itu, satu piala khusus utk tim terbaik jatuh kepada tim golongan dewasa dari tim Pela Mampang, dari ranting Mampang.

Pembina PERSINAS ASAD Jaksel Padepokan wilayah 2, H. Aceng Karimullah pun berpesan agar setiap kontingen harus memiliki semangat rukun kompak dan kerjasama yang baik. Tujuan utama acara ini adalah supaya kaum putri mampu menjaga diri, apalagi di kota besar seperti di Jakarta ini.

Ketua RT 13 RW 3 Kelurahan Pondok Labu, H. Dasma pun menyambut positif acara ini. “Kami selaku warga menyambut baik acara ini karena dapat membentuk karakter warga agar berjiwa kesatria, serta mendidik bibit pesilat berbakat dan berprestasi,” ujarnya. (Tyas/KIM)

Artikel Terkait

Leave a Comment