KIM DPD LDII Jaksel Sosialisasikan Ilmu Dasar Jurnalistik di Acara Senkom DKI

Era Keterbukaan informasi saat ini tak ayal menjadi tantangan tersendiri dari sejumlah pihak untuk senantiasa menjaga sikap dalam mendapatkan maupun menyebarkan informasi berita. Hal ini tentunya untuk menghindari penyalahgunaan informasi itu sendiri baik secara personel maupun secara organisasi.

Menyikapi keterbukaan informasi yang ada, terutama penyebaran informasi lewat media, pengurus Senkom Mitrà Polri DKI Jakarta menggandeng Tim Komunikasi Informasi dan Media (KIM) DPD LDII Jakarta Selatan memberikan ilmu jurnalistik praktis kepada ratusan personil Senkom Mitra Polri se-DKI Jakarta di acara “Diklat Jurnalistik dan Kesekretariatan” yang dilaksanakan pada Minggu, 23 Februari 2020 bertempat di gedung DPP LDII Patal Senayan, Jakarta Selatan.


Sejumlah personil Senkom yang berasal dari berbagai penjuru DKI dan terdiri dari unsur pengurus provinsi, sekretaris, PHMAL dan OKK mendapatkan materi mengenai dasar jurnalistik, pengenalan media massa di Indonesia, kaidah foto berita, teknik publikasi ,hingga materi mengenai media sosial Instagram. “Diklat ini juga sebagai bentuk penguatan bagi satu- satunya anggota Senkom Provinsi DKI Jakarta untuk menjalankan tugasnya sebagai pemberi informasi kepada pihak berwajib dan masyarakat” ungkap Ketua Senkom DKI Jakarta, H. Untung Maulana, S.H di sela sela acara.

Hal senada juga diurai oleh H. Tri Nur Fauzianto S.Sos, selaku Bendahara Senkom Jakarta. Menurutnya kegiatan ini diharapkan bisa berkesinambungan, untuk itu pihak Senkom Provinsi DKI Jakarta berencana membentuk tim untuk memanfaatkan teknologi digital dalam penyampaian informasi yang edukatif serta informatif khususnya informasi tentang kegiatan Senkom Mitra Polri khususnya di wilayah Jakarta. ” Harapan kami dari Senkom DKI, bisa terus bersinergi ke depannya dengan teman-teman dari KIM LDII Jakarta Selatan untuk pengembangan informasi secara digital ini,” harap Fauzianto.

Kerjasama antar organisasi ini memang sudah menjadi komitmen sejak lama, LDII sebagai salah satu ormas keagamaan terbesar di Indonesia, telah memiliki MOU dengan Senkom Mitra Polri karena cita – cita yang sama dalam rangka menciptakan pengamanan dan pemeliharaan keamanan.
Diharapkan setelah personil Senkom mengikuti acara diklat ini, mereka akan lebih siap pada saat membuat berita dan memberitakan suatu kejadian di wilayah masing – masing dengan tetap berpedoman pada kaidah ilmu jurnalistik dasar yaitu 5W + 1 H dengan mengutamakan kebenaran berita yang dibuat.(*/kim)

* nara sumber : Pengurus & Personel Senkom Provinsi DKI Jakarta

Artikel Terkait

Leave a Comment