LDII Jaksel Giat Bina Generasi Muda Lewat Program Aslilah

Jakarta, 29 Desember 2019

Komitmen Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam pembinaan ketakwaan bagi warganya dari berbagai usia, dan kalangan terus digiatkan. Bahkan menjelang akhir tahun di 2019, organisasi masyarakat berbasis dakwah dan sosial ini semakin getol membina kalangan generasi muda terutama para pelajar dengan menggelar program ‘ASLILAH’ singkatan dari asrama liburan sekolah, sebuah program pembinaan pendidikan keagamaan untuk mengisi kegiatan libur sekolah.

Sehingga kegiatan liburan dari para pelajar ini Insya ALLOH jadi lebih bermakna dan jauh dari hal-hal yang negatif. Seperti yang berlangsung di sejumlah majelis taklim yang ada dibawah kepengurusan DPD LDII Kota administrasi Jakarta Selatan, terutama di tingkat PC dan PAC.

Alhamdulillah kegiatan Aslilah sepanjang liburan sekolah sukses digelar dengan melibatkan puluhan hingga ratusan siswa pelajar sebagai peserta asrama dengan pembekalan keagamaan seperti penderesan Al Quran, diserta makna dan keterangan ayat per ayat, hafalan doa sehari-hari, nasehat agama, serta kegiatan edukatif lainnya.

Seperti program Aslilah yang digelar oleh majelis taklim Babussalam di PAC LDII Duren Tiga, Jakarta Selatan serta majelis taklim Al- Amin Pulo, digelar oleh PC LDII Cilandak, Jakarta Selatan juga.

 

Kedua majelis taklim ini secara serempak menggelar kegiatan Aslilah dari 23 hingga 27 Desember 2019. Peserta Aslilah di majelis taklim Al-Amin Pulo diikuti 40 orang usia SMP-SMA, sedangkan peserta Aslilah di majelis taklim Babussalam Duren Tiga berjumlah 65 dari kalangan usia SD, SMP, SMA.

“Aslilah pelajar SLTP – SLTA yang kami adakan di majelis taklim masjid Baabussalaam tahun ini materinya adalah memaknai ayat-ayat Al Qur’an dan himpunan Kitabusholah, yang merupakan rangkuman hadis tentang ibadah sholat. Kegiatan kita laksanakan dari pukul 09.00 pagi hingga Dhuhur, selanjutnya sholat Dhuhur berjamaah.

Adapun Aslilah usia SD atau caberawit itu sore harinya.” ungkap Sandi Attaroka selaku kordinator Aslilah di Masjid Babussalam.

Lebih lanjut Ustadz Haji Ahmad Saebani selaku Kordinator Guru menambahkan Aslilah kali ini tingkat SLTP SLTA terfokus ke materi tentang ketertiban sholat, bagaimana agar peserta bisa sholat sesuai dengan tuntunan Rosulullah dan benar-benar bisa mendapatkan hakekat sholat sebagaimana dalil :

ان الصلاة تنهى عن الفخشاء والمنكر

“Sesungguhnya hakekat sholat itu (mampu menjadikan pelakunya) terhindar dr perbuatan keji dan mungkar”

Para Guru memberikan kajian himpunan Kitabussholah yang dinukil dari hadis-hadis riwayat Imam Annasa’i juz 1
Adapun materi Al-Qur’an kita kajikan surat Thoha, dimana kandungan ayat surat tersebut banyak tentang motivasi hidup dan kisah-kisah nabi sholeh serta kisah manusia pembangkang yaitu Fir’aun, dimana semua itu sangat bisa kita ambil hikmahnya bhw hanya orang-orang sholehlah yang pada akhirnya akan bahagia dunia dan akhirat, dan setiap pembangkang pada akhirnya akan hina dunia maupun khususnya di akhirat.

Sementara itu Ustadz Tommy Sutomo selaku Guru pengajar di kegiatan Aslilah Majelis Taklim Masjid Al Amin Pulo menjelaskan ” Kegiatan Aslilah di akhir tahun ini mengaji Al-Qur’an dan seputar Hadis tentang Jannah Wannar, selanjutnya diadakan koreksi berkelompok-kelompok kecil yang dimaksudkan untuk saling menderes dari kajian yang sudah diberikan. Alhamdulillah pengajian berjalan lancar meskipun kehadiran tidak 100% tetapi semakin meningkat kehadirannya setiap hari,” jelasnya. #LDIIngajiakhirtahun #ngajiakhirtahun #generusldii #generusindonesia (*/kim) 

*kontributor :
1).Sandi Attaroka PAC LDII Duren Tiga
2). M. Ihsan- kordinator generus dari PC LDII Cilandak

Artikel Terkait

Leave a Comment