MUI, DMI dan LDII Jaksel Sukses Gelar Gerakan Subuh Berjamaah dan Istighotsah

Minggu, 15 Desember 2019

Majelis Ulama Indonesia ( MUI) bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) wilayah Jakarta Selatan menunjuk DPD LDII Jakarta Selatan menyelenggarakan program Gerakan Subuh Berjamaah serta Istighotsah sebagai bentuk dakwah agama dan sosial kemasyarakatan.

Kegiatan kali ini merupakan yang ke-9 kalinya di 2019 yang memang telah digelar secara rutin oleh MUI dan DMI kepengurusan kota Jakarta Selatan secara bergiliran di berbagai masjid di wilayah ini. Adapun kali ini kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah berlangsung di masjid Baitul Hasan, Jagakarsa yang ada dibawah kepengurusan DPD LDII Jakarta Selatan, yang Alhamdulillah sukses digelar pada Minggu (15/12) 2019 lalu.

Kegiatan ini diikuti sejumlah tokoh agama, pejabat, tokoh setempat, kepolisian, ormas seperti para Ketua dan pengurus MUI dari tingkat Kelurahan hingga Kecamatan, Lurah Jagakarsa, Abdul Latif, Kapolsek Jagakarsa, Kompol Harsono, dan tak ketinggalan Ketua DPD LDII Jakarta Selatan Noor Rochmat dan jajaran kepengurusan LDII setempat.

 

Walikota JakSel
Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Marullah Matali, Lc., M.Ag
sangat mengapresiasi Gerakan Subuh Berjamaah yang memang kian marak dan bergairah di Jakarta Selatan.

Hadir pula secara khusus Walikota Jakarta Selatan dan Ketua Umum MUI provinsi DKI Jakarta dalam kegiatan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah dan Istighotsah di masjid Baitul Hasan tersebut. Semuanya larut dalam kekhitmatan acara yang dimulai sejak sholat Subuh berjamaah, berlanjut Istighotsah.

Acara dimulai pukul 04.15 dini hari, diawali dengan sholat Subuh berjamaah dengan Imam sholat Ketua MUI Kelurahan Srengseng, KH. Nur Ali.

 

KH A Nawawie Hakam, Lc.
Istighotsah selama 1 jam dipimpin langsung oleh Ketua Umum MUI Jakarta Selatan, KH A Nawawie Hakam, Lc.

Usai sholat Subuh berjamaah acara diteruskan dengan Istighotsah selama 1 jam dipimpin langsung oleh Ketua Umum MUI Jakarta Selatan, KH A Nawawie Hakam, Lc. yang sebelum Istighotsah dimulai, sempat menjelaskan tentang keberadaan diselenggarakannya kegiatan kali ini di Masjid Baitul Hasan di wilayah Kecamatan Jagakarsa.

 

Ketua MUI Jagakarsa KH. Sulaiman Rohimin
Sambutan Ketua MUI Jagakarsa KH. Sulaiman Rohimin

Sementara itu Ketua MUI Jagakarsa KH. Sulaiman Rohimin dalam sambutannya menjelaskan bahwa salah satu tujuan penting dari kegiatan ini adalah  menjaga keamanan negara, bangsa dan agama.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Marullah Matali, Lc., M.Ag sangat mengapresiasi Gerakan Subuh Berjamaah yang memang kian marak dan bergairah  di Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya Walikota juga menjelaskan bahwa di wilayah Jakarta Selatan semangat membangun masjid dinilai bagus, ada setidaknya 5 hingga 6 masjid ada di  setiap 1 km perseginya. Total  di Jakarta Selatan ini ada 850 masjid, serta lebih dari 1500 mushola. Sehingga menurut Walikota warga jangan sampai beralasan enggan beribadah karena jauh dari tempat ibadah.

“Semangat memakmurkan masjid di Jakarta Selatan begitu besar, ini Insya ALLOH berkah. Mudah mudahan ALLOH SWT memberikan pancaran rahmat-Nya. Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Eddy Supriyadi selaku pengurus di LDII Jakarta Selatan, yang kali ini bertindak sebagai tuan rumah acara Gerakan Subuh Berjamaah, di masjid Baitul Hasan LDII,” terang Walikota.

 

Ketua MUI Provinsi DKI Jakarta, KH. Munahar Muchtar HS
Ketua MUI Provinsi DKI Jakarta, KH. Munahar Muchtar HS hadir secara khusus di acara ini memberikan sambutan singkatnya

Sambutan singkat penuh hikmah juga disampaikan oleh Ketua MUI Provinsi DKI Jakarta, KH. Munahar Muchtar HS yang hadir secara khusus di kegiatan ini , “Kita harus menghormati perbedaan yang ada, harus menghargai kepercayaan agama lain, namun tidak boleh sampai bertentangan dengan akidah kita. Semua umat Islam harus bersatu, tetap menjaga akidah,” jelas KH. Munahar.

 

KH. Zen Rofiq Fachruddin
KH. Zen Rofiq Fachruddin
berkesempatan memberi tausiyahnya dalam acara ini

Acara utama dalam kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah kali ini, berupa siraman tausiyah dari ulama  KH. Zen Rofiq Fachruddin. Dalam tausiyahnya Ustadz menekankan pentingnya takdhim kepada ulama, karena mengagungkan ulama berarti mengagungkan syair ALLOH.

 

Rangkaian acara ditutup doa bagi umat, yang dipimpin oleh KH. Drs. Masruroh Salim MM. selaku Ketua Kuliah Subuh wilayah Srengseng Sawah, Jagakarsa. Berlanjut ramah tamah sarapan berjamaah dimana panitia menyiapkan nasi kebuli yang disantap secara bersama sama dalam satu wadah per-kelompoknya, sangat bersahaja, dan menunjukan semangat kebersamaan yang membuktikan indahnya kerukunan sesama muslim di wilayah ini. Aamiin (*kimLDIIJaksel)

Artikel Terkait

Leave a Comment