PAC LDII Jagakarsa Adakan Sosialisasi Penanganan Kebocoran Tabung Gas

Minggu, 25/2/2018 — Bertempat di halaman parkir masjid Baitul Hasan Jl. Moh. Kahfi II Gg Apa RT 002/01 Kelurahan Jagakarsa Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan, PAC Jagakarsa mengadakan sosialisasi Penanggulangan Bahaya Kebocoran Tabung Gas. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila terjadi kebocoran tabung gas hingga menimbulkan kobaran api, dan langkah-langkah apa saja yg perlu dilakukan.

PC LDII Jagakarsa Sosialisasi Penanganan Kebocoran Tabung Gas-2

    Langkah-langkah yang perlu dilakukan bila terjadi hal tersebut di atas adalah :

  • Jangan Panik,
  • Cabut regulator pada tabung gas untuk mematikan sumber api utama,
  • Ambil handuk/kain basah untuk menutup api yang masih menyala di tungku/kompor gas. Handuk/kain basah jangan dilempar ke arah api yg ada di atas kompor namun harus diletakkan dengan hati-hati menutup ke seluruh permukaan tabung yang terbakar api. Yang perlu di perhatikan yaitu lindungi muka dan tangan dengan handuk dan kain basah tersebut sebelum menutup kobaran api,
  • Pastikan asap putih keluar dari kain yang menandakan api sudah padam,
  • Tetap waspada terhadap api yang masih menyala.

PC LDII Jagakarsa Sosialisasi Penanganan Kebocoran Tabung Gas-3

Setelah disimulasikan oleh instruktur dari dinas pemadam kebakaran, dilanjutkan dengan praktek langsung di lapangan dari perwakilan ibu-ibu majelis taklim se-PC Jagakarsa.

PC LDII Jagakarsa Sosialisasi Penanganan Kebocoran Tabung Gas-4

Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan anggota Dinas Pemadam Kebakaran Pemprov DKI Jakarta. Acara tersebut juga dihadiri oleh ketua RT 002 RW 01 Kelurahan Jagakarsa, Ibu Kenah, dan ketua PAC Jagakarsa Bp. H Syaefudin. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung aman, lancar dan insya Allah membawa manfaat.

(*Humas/PAC Jagakarsa)

Artikel Terkait

Leave a Comment