Reuni PAC LDII Ciganjur dan Cipedak dalam Semangat Kemerdekaan

Dalam merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-74, PAC LDII Ciganjur dan Cipedak mengadakan acara yang bertema “Agustus Ceria Bersama Kurcaci”. Acara yang dilaksanakan pada Sabtu (24/8), menjadi ajang reuni bagi kedua PAC tersebut. PAC LDII Ciganjur dan PAC LDII Cipedak dahulu tergabung dalam satu PAC, yaitu PAC LDII Ciganjur. Namun,sejak 2009 PAC Ciganjur berkembang menjadi dua PAC karena jumlah warga yang semakin banyak.

“Walaupun kami sudah dipisahkan menjadi dua PAC, namun persaudaraan kami tidak boleh lepas maka dari itu para remaja membuat Kurcaci (Kumpulan Remaja Ciganjur dan Cipedak),” kata Ketua Remaja Cipedak, Wildan Amru Rifa’i. Tetapi pada tema acara ini “Kurcaci” adalah Keluarga bukan Kumpulan Remaja karena yang hadir bukan hanya dari remaja, namun juga ada dari orang tua dan cabe rawit, tambah Wildan.

Acara dilaksanakan di Masjid Al– Firdaus Cipedak, Sabtu 24 Agustus 2019, pukul 06.00 WIB. Dimulai jalan santai yang diikuti oleh seluruh kategori umur. Dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Untuk kategori cabe rawit (anak usia 5-11 tahun) berbagai lomba dipertandingkan dalam acara tersebut, seperti lari bendera, lari kelereng, koin semangka, estafet karet, estafet tepung dan air, balapan trashbag sambil menggunakan helm. Sedangkan untuk kategori dewasa dipertandingkan lomba joget balon dan pingpong.

Alhamdulillah, anak cabe rawit sangat antusias mengikuti lomba–lomba yang ada terutama lomba estafet tepung dan air karena memang sedang viral di medsos,” ujar Sopyan Hadi sebagai Ketua Pelaksana Acara. Sopyan menambahkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk menanamkan semangat kemerdekaan dan nasionalisme di kalangan cabe rawit dan remaja.

Selain estafet tepung dan air, lomba balapan trashbag juga menjadi primadona. Hal tersebut terlihat dari gelak tawa penonton dan antusias anak cabe rawit yang mengikuti lomba tersebut. “Iya ini lucu banget anak-anak dimasukan ke trashbag lalu dipakaikan helm. Gemas juga melihat anak-anak yang jatuh kesandung,” kata salah satu penonton.

Suyadi yang didapuk sebagai Dewan Penasehat PAC LDII Cipedak, sangat mengapresiasi acara yang diinsiasi oleh generus kedua PAC. Suyadi mengatakan bahwa ini merupakan acara perekat persaudaraan Kurcaci yang perlu diadakan setiap tahun. “Acara ini juga acara reuni, temu kangen, silaturrahim sekaligus perkenalan antara generus – generus yang mungkin baru bergabung beberapa tahun disini,” jelas pria berkumis tebal tersebut.

Acara berakhir pukul 16.00 WIB dan ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. “Harapan saya untuk kedepan PAC LDII Cipedak dan Ciganjur semakin kompak, rukun, lancar dan barokah,” kata Dewan Penasehat PAC LDII Ciganjur, Mujiana. (*KIM/Andhika Khoirul Huda)

Artikel Terkait

Leave a Comment