Seminar Meningkatkan SDM Keluarga

Jakarta – 16 Desember 2018

Bagian Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga DPD Kota Administratif Jakarta Selatan mengadakan seminar bertema “Peningkatan SDM Keluarga” pada Ahad, 9 Desember 2018, di Masjid Baitul Hasan, Lenteng Agung. Seminar diisi oleh pakar psikolog keluarga, Dra. Nana Maznah, M. Si dan ahli manajemen keuangan yang juga seorang dosen, Ibu Retna Trisna, S.E., M.M. Sekitar 400 peserta tampak antusias mengikuti seminar ini.

Pada sesi pertama, Ibu Nana memaparkan tentang bagaimana mengelola pribadi-pribadi dalam keluarga, waktu, keuangan, serta kebersihan rumah tangga untuk meningkatkan sumber daya yang ada dalam keluarga. Diperlukan pembagian tugas dan peran yang seimbang untuk seluruh anggota keluarga. Ibu Nana mengatakan, “Keluarga yang berhasil mengelola sumber daya anggotanya akan mampu menjadi keluarga yang berkualitas dan harmonis”.

Tak kalah seru, pada sesi kedua, Ibu Retna memaparkan lebih lanjut tentang bagaimana mengelola keuangan keluarga. “Keluarga yang cerdas adalah keluarga yang mampu mengelola keuangan dan memiliki tabungan,” ucap beliau. Cara paling efektif mengatur keuangan keluarga adalah memperkecil pengeluaran/berhemat dan memperbesar pendapatan keluarga/berwirausaha.

Lebih lanjut Ibu Retno menjelaskan tentang peluang bisnis ibu-ibu zaman now. Dengan berbagai kemudahan yang disediakan oleh teknologi, para ibu sekarang mampu menambah penghasilan keluarga sambil tetap bisa berkarya di rumah. Sambil aktif berjualan online, misalnya. Usaha berjualan online dapat dilakukan melalui beragam opsi, seperti media sosial, website pribadi, dan platform e-commerce.

Salah seorang peserta, Heni Supatmi dari majelis taklim Pasar Minggu, menyatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi pengembangan karakter keluarga. Kelak, Heni berharap, kegiatan serupa dapat rutin diadakan untuk meningkatkan kapabilitas keluarga, terutama para ibu sebagai madrasah pertama anak-anaknya. (Tyas-KIM)

Artikel Terkait

Leave a Comment