Silaturahmi KODI DKI Jakarta ke PAC LDII Duren Tiga Pancoran Jakarta Selatan

 

Jakarta, 4 November 2019

Lembaga Dakwah Islam Indonesia atau LDII kian mendapatkan pengakuan dari berbagai institusi dan lembaga sebagai organisasi masyarakat berbasis dakwah sosial yang berkomitmen menjalankan syariah Islam serta tetap berpegang teguh patuh dan tunduk terhadap pemerintahan NKRI. Demikian yang tergambar secara nyata dalam kehidupan warga LDII selama ini.Dakwah Islam dalam keseharian warga LDII tak hanya dikaji namun juga diamalkan. Dakwah juga merupakan salah satu metode amar maruf nahi mungkar, yang ampuh untuk menangkal radikalisme yang kerap disandingkan dengan keberadaan ormas Islam.

Terkait dengan hal diatas pengurus PAC LDII wilayah Duren Tiga Pancoran, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu (1/11) 2019 mendapat kunjungan kehormatan dari sejumlah alumnus mahasiswa atau kader KODI (Koordinasi Dakwah Islam) angkatan ke-26 provinsi DKI Jakarta. Pertemuan digelar di sekretariat PAC LDII Duren Tiga, Pancoran atau majelis Taklim Baabussalam yang juga merupakan tempat dari aktifitas warga LDII setempat.  Para kader dari KODI yang melakukan kunjungan ke PAC LDII Duren Tiga tersebut adalah :
1.H M.Ridwan SE
2.Ahmad Fathul Bari S.SOS
3.M.Masihin SPD
4.Ida Mutianah SF

Rombongan KODI di sambut dan diterima secara langsung oleh Ketua PAC LDII wilayah Duren Tiga H. Ratno, di dampingi humas PAC Bekti Aryanto serta Ustadz H.Saebani selaku mubaligh dan pengajar Majelis Ta’alim Babusalam Duren Tiga. Pertemuan ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya dari KODI provinsi DKI Jakarta ke PAC LDII Duren Tiga, setelah beberapa waktu lalu pernah juga melakukan kunjungan di tempat yang sama.  Pada kesempatan tersebut KODI ingin mengetahui dan mengenal lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh LDII, sekaligus berdiskusi berbagai hal untuk kepentingan berdakwah di masyarakat.

H.Ratno selaku Ketua PAC LDII Duren Tiga mengungkapkan bahwa diskusi yang berlangsung lebih menekankan tentang program-program yang ada di LDII seperti materi yg disampaikan di pengajian LDII , yang dijelaskan pengajian atau kajian di LDII adalah Al Qur’an dan Al Hadist, dengan metode penyampaian materi pengajian secara musnat manqul mutasil, dimana harus ada ustadz atau guru pengajar serta anggota pengajian yang menyimak serta memberi arti keterangan di Al Qur’an dan Al Hadist yang saat itu dikajikan.

Pengurus LDII PAC Duren Tiga juga menjelaskan bahwa di wilayahnya terdapat sejumlah pengajian yang secara rutin digelar, mulai dari pengajian Caberawit dengan peserta dari usia PAUD sampai SD kelas 6. Pengajian Pra remaja bagi remaja usia SMP. Pengajian remaja atau muda-mudi dengan peserta usia SMA hingga sebelum menikah. Pengajian usia nikah, pengajian ibu-ibu, keluarga bahagia hingga pengajian bagi lansia atau lanjut usia, dan berbagai kegiatan lainnya termasuk program Halaqoh.

“Kami menjelaskan berbagai kegiatan dakwah Islam yang ada di wilayah PAC LDII Duren Tiga ini kepada perwakilan KODI provinsi DKI. Termasuk juga kontribusi santri-santri Holaqoh kita yang berprestasi dan berkontribusi di berbagai ajang lomba Halaqoh tingkat SD hingga SMP. Alhamdulillah pemaparan kita mendapat apresiasi yang baik, ” tambah H. Ratno. Di akhir pertemuan sebagai kenang-kenangan Ketua PAC LDII Duren Tiga memberikan buku Direktori LDII yang menjelaskan kegiatan-kegiatan LDII secara umum di seluruh Indonesia. Direktori di terima langsung oleh H M.Ridwan SE,yang nantinya akan menjadi bahan laporan ke KODI provinsi DKI Jakarta.

“Pertemuan yang penuh kekeluargaan ini memberikan kesan tersendiri kepada kami rombongan KODI dan semoga semakin mempererat tali silaturokhim antara KODI DKI Jakarta dan LDII,” ungkap H M.Ridwan SE di akhir pertemuan kedua lembaga ini. KODI sendiri merupakan lembaga kerjasama antara pemerintah daerah dengan masyarakat di bidang koordinasi, sinkroniasi dan dinamisasi kegiatan Dakwah yang dipimpin oleh seorang Ketua Umum yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur Kepala Daerah.(*/kim)

*Kontributor : Hendra Sanjaya, Sekretaris & Humas PC LDII Pela Mampang

Artikel Terkait

Leave a Comment