Sosialisasi Fungsi Ajaib Otak Kanan di Majelis Taklim Baabussalam Pela Mampang

Minggu, 28 April 2019

Bertempat di Masjid Baabussalam Duren Tiga Pela Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu ( 27/4) 2019 lalu. Pakar pendidik dan pembina dari PPG (Penggerak Pembina Generus) dibawah naungan bidang Pemuda dan Olahraga DPD LDII Jakarta Selatan melakukan turba sekaligus memberikan sosialisasi menarik tentang pembelajaran cara menghafal atau tahfidz Al Quran dengan memanfaatkan fungsi otak kanan secara maksimal, yang hasilnya dengan ijin ALLOH SWT mampu memberikan perkembangan yang signifikan cepat bagi pelaksananya atau para santri tahfidz Quran.

Seperti yang dijelaskan oleh M. Cholid yang bertindak sebagai keynote speaker di acara itu, pendidik yang sudah puluhan tahun mempelajari fungsi dan kegunaan otak ini memaparkan banyak hal luar biasa yang bisa dilakukan manusia karena pengaruh otak kanan ini. “ Dalam kehidupan kita sebagai manusia sehari harinya, justru otak kananlah yang bekerja lebih banyak dibanding otak kiri, prosentasenya 97 persen otak kanan dan hanya sekitar 1 persen saja otak kiri. Otak kanan ini bahkan bekerjanya bisa sangat cepat dan dibawah alam sadar kita,” ungkap Cholid.

Ia mencontohkan seseorang yang bertemu dengan binatang buas maka secara cepat dan spontan dia akan berusaha melakukan hal yang sekiranya bisa menyelamatkan dirinya, seperti lari menghindar.Hal seperti ini bekerja secara alami, tanpa sadar disetir dan tersimpan lama oleh otak kanan. Adapun fungsi otak kiri menurutnya lebih bersifat jangka pendek (short time memori) misalnya pembelajaran di sekolah, itu sifatnya tidak panjang karena setelah pelajaran usai, jika tidak diulang lagi akan cepat hilang dari ingatan.


Terkait dengan pengetahuan tentang fungsi otak kanan, Cholid yang juga pengajar tahfidz Quran di lembaga Holaqoh di Pasar Minggu ini juga menjelaskan efektifnya memberlakukan konsep ini untuk peningkatan hafalan Quran bagi anak anak yang memang disiapkan menjadi para tahfidz Quran, bahkan di satu sesi di acara tersebut ditampilkan 3 anak anak usia sekolah dasar yang di test melantunkan ayat ayat suci secara acak yang surah Alqurannya dipilih oleh audiens, dan luar biasanya ketiga anak tersebut secara serempak menunaikan test bacaan tersebut dengan baik dan benar, Masya ALLOH. Sosialisasi semakin menarik tatkala pembicara langsung memberikan praktek kepada ratusan audiens yang banyak dihadiri oleh para orang tua ini, dengan menunjukkan ajaibnya fungsi otak kanan jika dilatih, bahkan dengan sedikit ilustrasi para peserta yang hadir larut dalam pembelajaran singkat tersebut, termasuk tentu saja ibu ibu yang selalu antusias.

Acara juga diisi tausyiah oleh Bapak Chotob Meiditri Utomo selaku pembina PPG Jakarta Selatan tersebut, selain itu dijelaskan pula tentang wacana pendidikan generasi muda lewat program PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di lingkup Jakarta Selatan, yang salah satu tujuan mulianya adalah memfasilitasi anak-anak dari usia dini (Sekolah Dasar) hingga ke atas untuk mendapatkan pendidikan secara akademis dan juga pendidikan agama secara intens dan terpadu. Seperti diketahui program PKBM sendiri merupakan salah satu program unggulan yang dibentuk kelompok masyarakat dalam bidang pendidikan di bawah pengawasan dan bimbingan dari Diknas atau Dinas Pendidikan Nasional. (* kim/Ichwan)

Artikel Terkait

One Thought to “Sosialisasi Fungsi Ajaib Otak Kanan di Majelis Taklim Baabussalam Pela Mampang”

Leave a Comment