Tangkal Berita Hoax, LDII Jakarta Selatan Gandeng PWI Gelar Diklat Jurnalistik

Jakarta 24/2/2018 Maraknya berita-berita hoax (berita bohong) di era digital ini tak bisa ditampik sering menimbulkan keresahan di masyarakat, bahkan tak jarang yang berujung pada konflik. Untuk itu masyarakat dihimbau agar selalu menyaring berbagai informasi yang ada, serta tidak mudah terprovokasi dengan informasi-informasi yang tidak jelas asal-usul sumbernya.

ketua pwi jaksel pangi simatupang pelatihan dasar jurnalistik dpd ldii jaksel-1

Menyikapi tentang polemik hoax ini, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Administrasi Jakarta Selatan menggelar Pelatihan Dasar Jurnalistik bagi para pengurus tingkat Pimpinan Cabang serta Pimpinan Anak Cabang, juga para Humas Majelis Taklim LDII se-Jakarta Selatan, dengan menggandeng lembaga kewartawanan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Jakarta Selatan, Sabtu (24/2) di Jagakarsa.

ketua pwi jaksel pangi simatupang pelatihan dasar jurnalistik dpd ldii jaksel-3

Ketua DPD LDII Kota Administrasi Jakarta Selatan Drs. H. Noor Rachmat mengungkapkan bahwa agenda seperti ini bertujuan untuk mengedukasi para pengurus LDII agar bisa dan terbiasa menyampaikan informasi berdasarkan fakta yang ada dengan mengemasnya secara informatif berdasarkan kaidah jurnalistik dasar yaitu 5W + 1H (What, Where, Why, Who, When dan How).

ketua pwi jaksel pangi simatupang pelatihan dasar jurnalistik dpd ldii jaksel-6

“Kami melihat bahwa fenomena hoax saat ini semakin meluas maka perlu antisipasi yang baik agar kita bisa membendungnya. LDII Jaksel memandang perlu diadakan pelatihan seperti ini untuk membekali rekan-rekan di Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) DPD LDII Jakarta Selatan, dengan keahlian menyusun pemberitaan atas kegiatan-kegiatan positif yang terselenggara di PC dan PAC. Melalui pembekalan ini, diharapkan masyarakat luas dapat lebih mengenal DPD LDII Jakarta Selatan, serta pemberitaan-pemberitaan negatif yang tidak benar khususnya terkait organisasi LDII dapat dianulir,” jelas Noor Rachmat.

ketua pwi jaksel pangi simatupang pelatihan dasar jurnalistik dpd ldii jaksel-7

Kegiatan diklat ini disambut baik oleh Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Jakarta Selatan yang diwakili oleh DR. Dumiri yang sekaligus membuka acara tersebut. Ketua PWI Jakarta Selatan, Pangi Simatupang, salah satu narasumber pada kesempatan tersebut, menyampaikan beberapa tips tentang cara mengidentifikasi serta menangkal berita hoax agar masyarakat tidak tergiring opini sesat.

Selain itu, para peserta juga dibekali dengan tips membuat pemberitaan yang baik berdasarkan kaidah jurnalistik serta teknik pengambilan gambar untuk mendukung pemberitaan atau artikel yang dibuat. (Ichwan/KIM)

Artikel Terkait

5 Thoughts to “Tangkal Berita Hoax, LDII Jakarta Selatan Gandeng PWI Gelar Diklat Jurnalistik”

  1. Username

    Berita hoax kalau ditelusuri memang tidak berdasarkan 5w+1h sama sekali, banyak sekali situs2 penghasil hoax di indonesia, yang pasti situs2 tsb kebanyakan belum terdaftar di PWI, cuma bermodal blog murmer atau bahkan gretongan

  2. Troy

    Good job semoga semakin ASLB….

  3. Ichsan setiadi

    Cerdas dalam pemberitaan menuju indonesia aman-sejahtera.Aamiin

Leave a Comment